Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Importance of Doa Makan Sahur and Doa Berbuka Puasa in Ramadan

Ruang Menulis Cerita Anak

 

Doa Makan Sahur dan Doa Berbuka Puasa

Doa makan sahur dan doa berbuka puasa adalah doa-doa yang sangat penting bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Doa ini menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat berpuasa dan memohon ampunan serta keberkahan-Nya.

Doa Makan Sahur

Doa makan sahur adalah doa yang dibaca sebelum memulai makan sahur. Doa ini bertujuan untuk memohon keberkahan dari Allah SWT dalam menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini adalah doa makan sahur lengkap dengan huruf latin dan terjemahannya:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ نَوَيْتُ صَوْمَ الصُّبْحِ مِنْ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ يَا مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku niat berpuasa sunnah puasa sahur karena sunnah Rasulullah SAW. Terimalah puasaku ini, wahai Yang Maha Mengabulkan doa."

Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa adalah doa yang dibaca ketika waktu berbuka tiba. Doa ini bertujuan untuk memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT setelah menjalankan ibadah puasa sepanjang hari.

Berikut ini adalah doa berbuka puasa lengkap dengan huruf latin dan terjemahannya:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya:

"Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa."

Doa berbuka puasa juga bisa ditambahkan dengan doa lainnya seperti:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu."

Keutamaan Doa Makan Sahur dan Doa Berbuka Puasa

Doa makan sahur dan doa berbuka puasa memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat Muslim. Dengan membaca doa ini, umat Muslim akan mendapatkan berbagai keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Doa makan sahur dan doa berbuka puasa juga merupakan bentuk pengakuan kita sebagai hamba yang lemah dan butuh kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita menyadari bahwa segala sesuatu yang kita lakukan dalam ibadah puasa ini hanya bisa terwujud dengan izin dan pertolongan-Nya.

Doa makan sahur dan doa berbuka puasa juga menjadi sarana untuk menguatkan ikatan antara hamba dengan Sang Pencipta. Dengan membaca doa ini, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa ibadah puasa ini adalah bentuk pengabdian dan ketaatan kepada Allah SWT.

Sebagai umat Muslim, kita sangat dianjurkan untuk membaca doa makan sahur dan doa berbuka puasa setiap harinya selama bulan Ramadan. Dengan membaca doa ini, kita memperoleh berbagai keberkahan dan ampunan dari Allah SWT serta menjadikan ibadah puasa kita lebih bermakna.

Semoga informasi tentang doa makan sahur dan doa berbuka puasa lengkap dengan huruf latin dan arab serta terjemahannya ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Selamat berpuasa!


Jadwal Buka Puasa

https://tafsirweb.com/jadwal-sholat

 Kembali

Halaman
1

 © 2023 - Putrikaila1919. All rights reserved