Ayah, Bunda, Simak! Inilah Beberapa Hal Agar Mental Anak Menjadi Lebih Kuat

 

Ayah, Bunda, Simak! Inilah Beberapa Hal Agar Mental Anak  Menjadi Lebih KuatFoto oleh RODNAE Productions:

Halo Teman-teman, selamat datang lagi di catatan putrikaila1919.my.id, kali ini putri ingin berbagi artikel tentang beberapa hal agar mental anak lebih kuat, berikut ini ulasannya. 

Permasalahan dunia anak saat ini memang terasa kian tidak mudah, sebut saja mulai dari wabah covid-19 sampai kepada pergantian cuaca yang ekstrim hingga kekerasan yang terkadang menimpa anak-anak. 


Dengan beragamnya permasalahan yang ada, sudah tentu, kita, sebagai orangtua harus lebih ekstra di dalam menanganinya. keputusasaan bisa saja muncul, selain dari upaya kita untuk tetap berusaha menjaga kesejahteraan mereka, agar jangan sampai menurun.

Dalam situasi seperti sekarang ini, tentu saja mengajarkan tentang adanya harapan baik adalah hal yang cukup penting untuk mereka, dengan tetap berusaha memberikan energi yang positif kepada mereka agar tetap kuat secara mental menjalani masa-masa sulit seperti saat ini. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa harapan dapat secara dramatis mengurangi kecemasan dan depresi masa kanak-kanak.

Berdasarkan penelitian, anak-anak yang penuh harapan diketahui bahwa mereka cendrung lebih memiliki rasa kontrol batin. Hal itu dikarenakan mereka bisa melihat tantangan dan rintangan itu adalah sebagai hal yang sementara dan bisa mereka atasi. Karena itu, kemungkinan mereka untuk berkembang dan membantu orang lain lebih tinggi dibandingkan a nak-anak yang tidak memiliki harapan. 

Adapun salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan ini adalah membekali anak-anak kita dengan keterampilan, tujuannya adalah agar mereka bisa menangani setiap persoalan yang mungkin tak lagi mampu di hindari.

Seperti yang putrikaila1919.my.id lansir dari laman CNBC Make It, psikolog edukasi, Michele Borba, EdD, inilah beberapa cara ilmiah yang bisa kita lakukan untuk membantu anak-anak kita mempertahankan harapan. 


Hal pertama. Berusaha Menghentikan hal-hal negatif

Optimisme adalah hal yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita, sebab pesimisme yang tidak berdasar bisa dengan mudah menggerogoti harapan, karena itulah penting sekali bagi orangtua untuk bisa membuang hal-hal yang berpotensi menimbulkan hal-hal negatif sebelum itu menghinggapi anak-anak kita.


Hal kedua. Pergunakan mantra harapan

Apakah teman - teman percaya dengan ungkapan yang menyebutkan bahwa 'kata-kata memiliki kekuatan yang besar? "

Mari kita bantu anak - anak kita dengan mengembangkan mantra optimistis itu agar bisa dipakai untuk menghadapi masa-masa sulit. 

Selanjutnya, mari kita ajari mereka untuk menggunakan frasa tersebut agar bisa menangkal pesimisme yang terkadang menghampiri kehidupan mereka. 


Hal ketiga, Mari Ajarkan brainstorming

Pada umumnya anak-anak yang penuh harapan tidak akan menghindari masalah, sebab mereka mengambilnya secara langsung, pelajaran sebelum nya telah membuat mereka berpikir bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Adapun salah satu trik membantu nak-anak mengingat langkah-langkahnya adalah dengan menggunakan STAND sebagai akronimnya:


• Pelan-pelan (slow) agar bisa berpikir.

• Ceritakan (tell) masalahnya.

• Tanyakan (ask), "Apa lagi yang bisa saya lakukan?"

• Sebutkan (name) semua yang dapat dilakukan untuk menyelesaikannya tanpa penilaian.

• Tentukan (decide) pilihan terbaik dan lakukan.


Hal keempat, adalah membagikan berita yang penuh harapan kepada Anak-anak kita, sebab anak-anak yang penuh harapan mendengar cerita yang penuh harapan pula. 

Sebagai orangtua kita harus sadar, bahwa media kekerasan itu dapat menciptakan pandangan mereka ke dunia menjadi berbeda, seperti menyangka bahwa dunia ini benar-benar kejam, menakutkan, dan berbahaya.

Jadi kabarkanlah kepada mereka hal-hal yang menggembirakan, agar harapan anak-anak kita tetap hidup.

Dan jangan lupa untuk selalu memberikan kisah-kisah kepada anak-anak dari waktu, tujuannya adalah agar anak-anak bisa menemukan sisi positif mengenai kehidupan yang tengah mereka jalani saat ini. 

Selain beberapa hal diatas, masih ada lagi seperti; sering menanyakan "bagaimana jika?" Ke mereka, juga Rayakan kesuksesan kecil, meniingkatkan ketegasan, membuat ritual syukur serta selalu mengajari mereka untuk membantu orang lain sebisa mereka. 


Itulah beberapa hal agar mental anak menjadi lebih kuat. Semoga bermanfaat. Salam.. 



Bahan bacaan : 1,


Posting Komentar untuk "Ayah, Bunda, Simak! Inilah Beberapa Hal Agar Mental Anak Menjadi Lebih Kuat"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi